Home Sosbud Roa Jaga Roa Serahkan 5 Unit Oksigen Konsentrat ke PMI Sulteng

Roa Jaga Roa Serahkan 5 Unit Oksigen Konsentrat ke PMI Sulteng

181
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com- Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa Palu menyerahkan lima unit oksigen konsentrat kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk digunakan di pusat isolasi terpadu pasien terpapar corona.

Penyerahan dilakukan di Posko Roa Jaga Roa, dari Senior Volunteer Roa Jaga Roa Andi Mulhanan Tombolotutu kepada Ketua PMI Sulteng Hidayat Lamakarate di Komplek Radio Nebula, Jalan Rajawali No 28, Kota Palu, Sabtu (14/08/2021).

Andi Mulhanan Tombolotutu mengatakan, oksigen konsentrat ini diserahkan untuk digunakan di pusat isolasi terpadu, gedung Bapelkes yang dikelola Pemkot Palu dan BPSDM yang dikelola Pemprov Sulteng.

“Alat ini sudah menghasilkan oksigen sendiri jadi tidak perlu lagi dilakukan pengisian ulang seperti tabung oksigen biasa,” kata Mulhanan.

Sementara itu, Ketua PMI Sulteng Hidayat Lamakarate berterima kasih kepada Roa Jaga Roa atas penyerahan oksigen konsentrat untuk dioperasikan PMI Sulteng.

“Alat ini nantinya digunakan untuk pasien isolasi terpadu baik warga kota Palu maupun sekitar yang membutuhkan. PMI menyiapkan tenaga untuk mengoperasikan dan mengawasi pemakaiannya,” kata Hidayat Lamakarate.

Hidayat juga mengapresiasi kerja kerja kemanusiaan Roa Jaga Roa yang membantu pasien isolasi mandiri dan tidak terjangkau pemerintah.

“Saya ke Banggai dan Ampana, nama Roa Jaga Roa sudah dikenal. Kita berharap daerah lain juga melakukan gerakan serupa meski dengan nama berbeda,” kata Hidayat.

Saat ini Roa Jaga Roa sudah menangani sekitar 500 warga terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri. Roa Jaga Roa setiap hari mendistribusikan rata rata 200 paket makan siang dan malan, membantu fasilitasi ke fasilitas kesehatan, obat-obatan, kebutuhan oksigen dan ambulans. (***)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.