Home Perguruan Tinggi Prodi Ilmu Pemerintahan Untad Laksanakan PKM di Panti Asuhan Aisyiyah Palu

Prodi Ilmu Pemerintahan Untad Laksanakan PKM di Panti Asuhan Aisyiyah Palu

273
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com – Program Studi Ilmu Pemerintahan pada Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), Sabtu (14/12/2022), bertempat di Komplek Panti Asuhan Aisyiah, Jalan Hang Tuah, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, mengambil tema Optimalisasi Potensi Sumber Daya Manusia Siswa di Panti Asuhan Aisyiyah Kota Palu.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru dan anak panti asuhan di lingkungan Aisyiyah Palu.

Pengabdian ini menghadirkan dosen FISIP Untad, Yunus, S.Sos., M.Si dan Mahfuzat, S.AP., M.Si, serta salah seorang mahasiswa, Nur’afifah.

Yunus mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi sumber daya manusia di Panti Asuhan Aisyiyah.

“Sekolah adalah institusi pendidikan yang bertanggungjawab dalam mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini, kepala sekolah memiliki peran yang sangat strategis, karena salah satu dari tugas kepala sekolah adalah menjadi seorang pengelola dan manajer,” ujarnya.

Lanjutnya, kepala sekolah harus mampu mengatur keseluruhan sekolah, termasuk mengatur sumber daya manusia yang ada, terutama para guru dan staf administrasi, yang merupakan para pelaksana langsung dalam kegiatan sekolah, yang juga berperan besar dalam kesuksesan sekolah, dalam rangka untuk mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah.

Pengelolaan sumber daya dilakukan dengan beberapa aktivitas, termasuk persiapan, penataan, pengarahan, dan pengawasan. Dalam hal manajemen sumber daya manusia, kepala sekolah memiliki tugas dalam tiga aspek, di antaranya pembekalan bagi para pegawai, pemanfaatan para pegawai yang sudah ada, serta membangun dan mengembangkan.

Lanjutnya, faktor yang mendukung dan juga menghambat dalam manajemen sumber daya manusia, harus dikelola dengan baik, sehingga kinerja yang bagus akan diperoleh, tujuan sekolah dapat tercapai, dan kualitas lulusan akan meningkat.(MTG)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.