Home Alkhairaat KPU Kota Palu Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di 8 Kecamatan

KPU Kota Palu Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di 8 Kecamatan

173
0
SHARE

Alkhairaat Palu – KPU Kota Palu melaksanakan simulasi pemungutan dan pengitungan suara menjelang Pemilu 14 Februari nanti. Simulasi ini diselenggarakan serentak di delapan Kecamatan, Jumat (9/2/2024).

Dalam kegiatan tersebut KPU Kota Palu memfasilitasi masing-masing kecamatan dengan perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan lainnya seperti, kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat mencoblos, tempat pemungutan suara (TPS), dan seluruh perlengkapan penunjang lainnya.

Untuk kertas suara, KPU Kota Palu memfasilitasi 5 jenis surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu.

“Untuk simulasi di tiap kecamatan, KPU menyediakan 5 jenis surat suara yang masing-masing berjumlah 50 lembar,” jelas Alfagih selaku Kordiv Parmas KPU Kota Palu.
 
Dalam kegiatan tersebut seluruh badan Ad Hoc turut melatih penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) sebagai alat bantu rekapitulasi dan publikasi hasil pemilihan.

Masih terkait kegiatan tersebut, Kordiv Teknis KPU Kota Palu, Iskandar, mengharapkan agar kegiatan simulasi berjalan dengan baik dan memberikan hasil optimal dalam memfasilitasi hak warga dalam memilih.

Sementara itu, Ketua Komisioner KPU Kota Palu, Idrus, menambahkan bahwa dengan memberikan simulasi maka para petugas KPPS dapat semakin memahami dan menjalankan tugas mereka dengan baik.

“Tujuannya untuk menpermantap persiapan KPPS pada saat pemungutan dan penghitungan suara pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 nanti,” katanya.

Kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut melibatkan seluruh perwakilan Panwascam, PPS, Ketua-Ketua KPPS, Camat, Lurah dan stakeholder terkait di masing-masing Kecamatan.

Sumber: Kpu Kota Palu

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.