Home Perguruan Tinggi Untad Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2023

Untad Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2023

300
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com – Kemahasiswaan Universitas Tadulako menggelar pembukaan serta technical meeting “Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2023” Bertempat di Meeting Room Media Centre Untad, pada Senin (10/04/2023) pagi yang diikuti delapan perwakilan mahasiswa asal Fak. Ekonomi & Bisnis, FKM, Faperta, FKIP, Fak. Kehutanan, dan FMIPA.

Dalam pembukaannya, Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menuturkan bahwa Mahasiswa yang akan mewakili Untad nantinya harus memiliki beberapa kriteria yang dilihat dari rekam jejaknya sebagai mahasiswa seperti pencapaian prestasi dll, capaian unggulan yang dinilai dari kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Kemudian gagasan kreatif yang memberikan solusi bagi suatu permasalahan serta kefasihan dalam berbahasa asing.

Selain itu, juri PILMAPRES Untad tahun 2023 akan mengamati dan menilai hal-hal berikut :

Sikap dan perilaku finalis;
Portofolio CU penilaian melalui rubrik penilaian portofolio CU
GK yang dipaparkan dengan naskah melalui sistem link yang telah disediakan kemahasiswaan Untad
Penilaian BI merupakan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui pidato presentasi selama 15 menit yang dilanjutkan dengan saran dan masukan tim juri dengan topik yang berkaitan dengan SDGs. Rubrik penilaian komunikasi dalam bahasa Inggris dapat dilihat pada Lampiran 7 buku panduan
Kemampuan berpikir kritis, kerja sama, kreativitas, inisiatif, kepercayaan diri, kepemimpinan, kepedulian kepada peserta lain, dan komunikasi melalui kegiatan yang terprogram dan terstruktur.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan technical meeting yang dipandu Dr. Vita Fattah, SE.,M.Si terkait tahapan dan pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2023. Aspek penilaian pada Seleksi Universitas Tadulako meliputi nilai CU, nilai GK, dan nilai kemampuan bahasa Inggris berdasarkan video presentasi berbahasa Inggris dengan komposisi masing-masing nilai adalah sebagai berikut :

  1. Nilai CU : 50%
  2. Nilai GK : 30%
  3. Nilai BI : 20%

Penjelasan Sistem Penilaian

  1. Capaian Unggulan (CU) adalah hasil istimewa yang mendapat pengakuan dan diperoleh selama menjadi mahasiswa baik dari kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Kegiatan yang menghasilkan capaian unggulan dikelompokkan ke dalam tujuh bidang utama sebagai berikut.
  2. Kompetisi, merupakan wujud capaian meraih gelar kejuaraan (dapat berupa lomba bidang penalaran, olahraga, kesenian, keagamaan, atau sejenisnya).
  3. Pengakuan, merupakan wujud capaian dalam suatu event tertentu, misalnya menjadi narasumber atau pembicara, pelatih, juri, wasit, moderator, atau sejenisnya.
  4. Penghargaan, merupakan wujud capaian atas dedikasi atau keberhasilan berinovasi yang memberikan dampak positif bagi lingkungan serta diberikan oleh lembaga resmi (misalnya penghargaan berupa HaKI) atau masyarakat.
  5. Karier Organisasi, merupakan wujud capaian karier di bidang organisasi kemahasiswaan atau organisasi kemasyarakatan berupa Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, atau satu tingkat di bawah pengurus harian.
  6. Hasil Karya, merupakan wujud capaian prestasi berupa buku ber-ISBN (buku referensi, buku ajar, novel, kumpulan puisi atau buku karya sastra, kumpulan lukisan, dan sejenisnya), artikel ilmiah yang sudah diterbitkan, karya seni, karya desain, temuan model, aplikasi komputer, produk inovatif, karya film, atau sejenisnya. Hasil karya yang dimaksud bukan karya yang dikompetisikan.
  7. Pemberdayaan atau Aksi Kemanusiaan merupakan wujud capaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan dampak positif bagi masyarakat/lingkungan, baik berupa pemrakarsa, koordinator, atau peserta.
  8. Kewirausahaan, merupakan wujud capaian di bidang wirausaha yang memberikan dampak kesejahteraan kepada komunitasnya.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengajuan capaian unggulan diantaranya:

  1. Ajang yang dilakukan oleh event organizer dan dapat diikuti oleh siapa saja sepanjang peserta membayar sejumlah biaya, tidak serta merta dianggap sebagai sebuah capaian unggulan.
  1. Karya yang dipublikasikan di dunia maya tidak berarti secara langsung dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat Internasional.
  2. Ketentuan pengisian borang portofolio CU:
    peserta hanya dapat mengajukan maksimal 10 CU,
  3. peserta hanya diperkenankan mengajukan maksimal 4 CU untuk tiap bidang,
  4. peserta hanya diperkenankan mengusulkan satu CU dalam satu bidang.

Penialaian lihat Tabel Kodifikasi (Coding) dan Skor Capaian Unggulan dalam menilai..

  1. Bahasa Inggris (BI) merupakan penilaian pada kemampuan mahasiswa peserta PILMAPRES presentasi tentang salah satu isu dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini untuk menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman terhadap isu-isu dari SDGs. Presentasi dalam bahasa Inggris dalam penyampaiannya peserta dapat memilih satu dari tiga jenis pidato berikut :
    • informative
    • persuasive
    • motivational.
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.