Home Kota Palu KPU Palu Patuhi Protokol Kesehatan Saat Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara

KPU Palu Patuhi Protokol Kesehatan Saat Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara

408
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Palu terapkan protokol kesehatan saat pelipatan dan penyortiran surat suara Pilkada Kota Palu yang melibatkan 95 relawan. Hal demikian dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Semua relawan yang melakukan pelipatan surat suara tersebut, diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum melaksanakan melipat dan menyortir surat suara,” kata Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid saat ditemui di Gedung Olah Raga Siranindi pada Selasa, (24/11/2020).

Menurut Agussalim, jumlah surat suara untuk Pilwakot Palu sebanyak 130 koli. Dari jumlah tersebut dilakukan pelipatan sebanyak 129 koli dan satu koli belum dilipat karena disiapkan sebagai cadangan apabila terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Kebutuhan surat suara yang dibutuhkan, sebanyak 257.234. Jadi sesuai dengan undang-undang bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 25 persen,” ucap Agussalim.

Agus menjelaskan, proses pelipatan melibatkan para relawan yang sudah berpengalaman sehingga proses pelipatan tersebut bisa berjalan cepat.

“Target kita sebenarnya 6 hari, tetapi kami dalam hal ini sudah menyelesaikannya dalam 4 hari. Insha Allah hari ini bisa rampung 100 persen,” ujarnya.

Setelah dilaksanakan pelipatan surat suara, kata Agus, pihaknya akan melakukan penghitungan kembali. Penghitungan kembali dilakukan untuk memastikan dalam satu ikatan berjumlah 25 surat suara dan tidak ada yang dobel atau lebih dari dua.

“Setelah melakukan pelipatan, kami akan lakukan pengitungan surat suara kembali. Hal ini kami lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat di TPS nanti,” tambahnya.

Mengenai alat kelengkapan TPS lainnya, Agus mengungkapkan pihaknya masih menunggu. Untuk saat ini, pihaknya mendahulukan kebutuhan di dalam kotak suara, selanjutnya akan dilakukan penyegelan dan pendistribusiaan.

Terkait pendistribusian nanti, kata dia, pihak KPU Kota Palu menargetkan pada tanggal 7 dan 8 secara berjenjang sudah sampai di kelurahan dan kecamatan, kemudian ke TPS.

Ia menyebutkan untuk kendala saat ini, yaitu mengenai formulir berhologram. Karena hal ini berada di luar Sulawesi sehingga harus menunggu proses pengirimannya tepat waktu dan dilakukan pengepakan.

Ketua KPU Kota Palu berharap semua relawan yang bertugas melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara agar mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak agar terhindar dari penularan Covid-19. (***)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.