Home Kota Palu KPU Kota Palu Gelar Deklarasi Kampanye Damai

KPU Kota Palu Gelar Deklarasi Kampanye Damai

354
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar deklarasi kampanye damai untuk Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota, turut hadir para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) serta Pimpinan Partai Politik.

Setelah melalui serangkaian proses tahapan dalam rangka keikut sertaan pada Pilkada serentak yang dilaksanakan 9 Desember 2020, para Paslon Walikota dan Wakil Walikota tiba pada tahapan masa kampanye selama kurang lebih 71 hari, kampanye dimulai dengan diawali deklarasi kampanye damai di depan kantor KPU kota Palu Jl. Balai kota selatan No. 6, Sabtu (26/09/20).

Selama masa kampanye para paslon diwajibkan untuk mematuhi fakta integritas penerapan protokol kesahatan, yaitu sebagaimana yang telah diatur pada peraturan KPU nomor 6 tahun 2020 yang kini diubah menjadi peraturan KPU nomor 10 tahun 2020, dan harus siap menerima sanksi apabila terbukti melanggar peraturan mengenai protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid, SE menyampaikan dalam sambutannya bahwa ini adalah awal mula tahapan kegiatan kampanye yang terhitung dari tanggal 26 september 2020 sampai dengan 5 Desember 2020. Ada beberapa yang menjadi perhatian khusus yaitu PKPU nomor 13 tahun 2020 terkait dengan pembatasan jumlah kegiatan seperti yang sebelumnya ada kampanye rapat umum tetapi disaat pandemi sekarang ini kampanye rapat umum itu tidak bisa lagi dilaksanakan, kampanye kampanye yang didorong itu hanya melalui media daring.

Agussalim juga menambahkan terkait dengan kegiatan lainnya jika kampanye sebelumnya bisa melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengumpul seperti melalui kegiatan seni namun sekarang kegiatan seperti itu sudah tidak diperbolehkan lagi.

Namun Agussalim Wahid mengatakan disatu sisi KPU Kota Palu menginginkan peningkatan partisipasi tetapi dengan kondisi pandemi saat ini kita semua memiliki kewajiban untuk sadar bahwa selama pelaksanaan kegiatan berlangsung kita harus memperhatikan protokol kesehatan.

“kita menginginkan partsipasi itu meningkat sebanyak banyaknya dan setinggi tingginya, tetapi disatu sisi kita juga dibatasi tidak boleh banyak bersentuhan” ujarnya.

Sementara itu turut hadir juga dikegiatan ini Kapolres Kota Palu AKBP. Riza Faisal, SIK dan Dandim 1306/Donggala Letkol Inf. Heri Bambang Wahyudi S.I.P,.

Kapolres Kota Palu menyampaikan akan memastikan keamanan selama masa kampanye damai ini dilaksanakan dan bisa saling bersinergi dengan pihak KPU maupun BAWASLU agar kegiatan Pilkada nanti dapat berjalan dengan lancar serta memastikan seluruh peserta dan masyarakat terbebas dari wabah Covid-19 sesuai dengan perintah bapak Kapolri.

“selaku aparat keamanan tentu yang menjadi perhatian kami adalah bagaimana bisa memastikan keamanan pelaksanaan kampanye dari hari pertama sampai selesai nanti itu bisa berjalan dengan lancar, aman dan tertib dengan mengutamakan protokol kesehatan” Tegas Riza Faisal.(***)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.