Home Kota Palu KPK RI Audiensi dan Koordinasi Bersama DPRD Palu Tentang Pemberantasan Korupsi

KPK RI Audiensi dan Koordinasi Bersama DPRD Palu Tentang Pemberantasan Korupsi

94
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menggelar kegiatan audiensi dan koordinasi bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, bertempat di ruang sidang utama kantor DPRD Palu. Jumat (13/10/2023).

Kegiatan tersebut membahas tentang program pemberantasan korupsi terintegrasi pada pemerintah daerah.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD palu, Armin menjelaskan bahwa kegiatan pada hari ini guna mendengarkan arahan maupun bimbingan dari KPK RI. Sebagai pembelajar ke depan. Sehingga tidak terjadi lagi hal yang menyimpang dari ketentuan.

Armin menyebut bahwa jumlah total anggota legislatif Kota Palu sebanyak 35 orang. Dengan 9 fraksi dan 10 partai politik.

“Tahun lalu kegiatan serupa tidak terlaksana. Sebab terjadi mis komunikasi. Pada hari ini kami berharap bimbingan dan masukan dari KPK,” harapnya.

Sementara, Ketua Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPP RI, Basuki Haryono mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kunjungan ke kantor DPRD untuk yang ketiga kalinya.

Kunjungan KPK ke Kota Palu sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi yang masif dilakukan. Dalam hal ini, pihaknya mengedepankan upaya pencegahan. Lokus kegiatan KPK semua wilayah di Indonesia.

Menurut Basuki, berdasarkan data dari tahun 2004 hingga 2022, jumlah penindakan yang dilakukan KPK RI, sebanyak 1.519 orang.

Hal tersebut bukan sebuah prestasi bagi KPK. Namun menjadi introspeksi bagi pihaknya untuk mengedepankan upaya pencegahan.

Senada, anggota KPK RI, A Hidayat menyebut bahwa kegiatan ini untuk berbagi informasi berkaitan dengan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi terintegrasi dan koperhensif.

Penyebab korupsi karena lemahnya sistim dan buruknya pribadi seseorang (bad people). Olehnya perlu perbaikan dan penyempurnaan dua teori tersebut.

Bentuk upaya pencegahan korupsi, dimana pihaknya mengedepankan upaya pencegahan. Lokus kegiatan mencakup seluruh daerah di Indonesia.

Usai sambutan Ketua DPRD palu dan pihak KPK RI, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Palu, Erman Lakuana, Wakil Ketua II, anggota DPRD palu, assisten III Pemkot Palu, Imran Lataha dan beberapa pimpinan OPD Pemerintah Kota Palu.(MTG)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.