Home Pendidikan Dua Siswa MAN 2 Palu Juarai Putra Putri Adipura

Dua Siswa MAN 2 Palu Juarai Putra Putri Adipura

353
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com – Rentang jalur perjalanan proses Pemilihan Putra Putri Adipura Sulawesi Tengah Tahun 2022 usai sudah. Remaja-remaja dengan talenta terbaik telah terpilih sebagai inspirator lingkungan untuk Sulawesi Tengah dalam setahun ke depan. Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu berhasil meraih dua gelar juara pada ajang tersebut. Penganugerahan dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu (28/08/2022).

Memperebutkan gelar menjadi putra putri terbaik Adipura membuat dua siswa MAN 2 Kota Palu ini harus bersaing dalam ajang adu bakat serta talenta dengan 23 peserta lainnya yang berasal dari berbagai kabupaten di Sulteng.

Sebelum acara puncak penganugerahan, para peserta harus menjalani masa karantina selama tujuh hari. Dalam masa tersebut, peserta diberikan pengetahuan serta keterampilan yang akan banyak berkaitan dengan tugas serta tanggung jawab yang kelak akan diemban sebagai duta adipura.

Selain itu, menuju grand final para peserta juga harus menjalani beberapa kegiatan lainnya seperti speech competition (kompetisi berpidato), sashing ceremony (upacara penyematan), dan Car Free Day Show. Yang unik dari kompetisi ini adalah gelaran peragaan busana recycle costume.

Sesi tampilan Recycle costume atau busana daur ulang adalah saat dimana para peserta berjalan sambal memperagakan busana yang terbuat dari bahan atau plastik sekali pakai kemudian dirancang menjadi sebuah mahakarya yang bernilai indah.

Selama dalam proses tersebut, Akbar dan Jihan selalu mendapat pendampingan intens dari Alfiah, selaku ketua Tim Adiwiyata MAN 2 Kota Palu sekaligus pembina. Selain Alfiah, dukungan juga diberikan oleh Moh. Rifaldi sebagai pembina OSIM MAN 2 Kota Palu yang melakukan pendampingan dan penataan performans Akbar dan Jihan.

Di malam penganugerahan, Moh. Syafiqra Akbar berhasil meraih gelar Putra Adipura dalam kategori Best Speech atau Pidato Terbaik. Sedang Jihan Asyifah mendapatkan penghargaan sebagai Juara III Putri Adipura 2022.

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh kedua siswanya tersebut. Saat penerimaan Akbar dan Jihan di ruang kerjanya, Syamsu menyampaikan ucapan selamat menunaikan tugas baru kepada keduanya.

“Prestasi ananda Akbar dan Jihan memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi madrasah. Sebagai satu-satunya perwakilan dari madrasah mereka mampu menampilkan performa terbaik dan mampu untuk bersaing dengan peserta lainnya, “ ucap Syamsu Nursi.

Syamsu berharap selanjutnya Akbar dan Jihan dapat menunaikan tugasnya sebagai duta remaja peduli lingkungan dengan baik.

“Semoga mereka mampu menjadi inspirator dan teladan dalam hal pelestarian dan pengelolaan lingkungan demi peningkatan kualitas hidup orang banyak,” harap Syamsu. (MTG)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.