Home Pendidikan Wabup Parimo Buka Pendidikan dan Pelatihan Capas 2021

Wabup Parimo Buka Pendidikan dan Pelatihan Capas 2021

49
0
SHARE

Parimo, Alkhairaat.com- Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo) Badrun Nggai buka kegiatan pendidikan dan pelatihan Calon Pasibraka (Capas) tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lantai II Kantor Bupati Parimo, Rabu (07/06/2021).

Ketua panitia pelaksana Mardiana melaporkan, dasar pelaksanaan kegiatan sesuai surat Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor 427/408/bidang kepemudaan tentang pelaksanaan pendidikan dan pelatihan Capas di Sulteng.

Lanjut Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parimo itu, maksud dan tujuan pelaksanaan Diklat adalah untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan tentang ke paskibrakaan dan tata cara pelaksanaan pengibaran bendera yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus.

“Insya Allah melalui pelatihan ini, peserta akan mengetahui bagaimana metode Kepaskian dalam mengibarkan bendera sang saka merah putih,” ucapnya.

Kepala Disporapar Parimo Alina A Deu dalam sambutannya berharap, para pelatih, pembina dan anak didik atau para peserta paski harus saling membantu satu sama lain, harus saling bersinergi dalam mengemban tugas mulia.

“Kalian merupakan salah satu duta pancasila, karena kenapa ribuan masyarakat Parigi Moutong kalianlah terpilih mengemban tugas mulia,” imbuhnya.

Alina juga mengatakan, dengan semboyan Bhineka Tunggal ika maka Pemerintah Kabupaten Parimo telah mengeluarkan edaran di setiap OPD bahwa setiap hari Senin bulan berjalan wajib upacara bendera di masing-masing OPD dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Edarannya sudah kami terima setiap OPD upacara dan membacakan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai menyampaikan motivasi agar peserta Capas walaupun dimasa Pandemi Covid-19 tetap semangat.

“Seperti kita ketahui bersama, di tahun 2020 yang lalu, pasukan pengibar bendera adalah para purna paskibraka di karenakan kita sedang berada di masa pandemi. Kita semua tentunya berharap masa pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir, sehingga peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan dapat kita laksanakan sebagaimana biasanya,” harapnya.

Lanjut Wabup, pendidikan dan pelatihan yang dijalani, juga bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting, yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia.

“Pesan saya kepada anak-anakku calon paskibraka agar hasil dan pendidikan dan pelatihan yang akan kalian ikuti, dapat menjiwai sikap dan perilaku keseharian sehingga kalian dapat menjadi contoh dan tauladan bagi pelajar dan generasi muda lainnya yang berada di lingkungan kalian,” tutupnya. (FRL)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.