Home Pendidikan Terlibat Tawuran, Mahasiswa Teknik Sipil dan Teknik Mesin Untad Sepakat Berdamai

Terlibat Tawuran, Mahasiswa Teknik Sipil dan Teknik Mesin Untad Sepakat Berdamai

145
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Warek Bima) Universitas Tadulako (Untad),  Dr. Ir. Sagaf, MP menegaskan, bahwa konflik antar dua kelompok himpunan di Fakultas Teknik, Selasa (29/11/2022) malam, murni diakibatkan adanya kesalahpahaman di pertandingan futsal.

Kedua himpunan itu yakni Himpunan Teknik Sipil dan Himpunan Teknik Mesin sempat terjadi tauran setelah keduanya mengikuti pertandingan futsal. Beruntung cepat mendapatkan penanganan dari pihak keamanan kampus, sehingga tidak berujung fatal.

Namun akibat tawuran tersebut, pihak fakultas mengambil sikap untuk meliburkan sementara waktu kegiatan akademik di fakultas itu,  guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami sangat sesalkan peristiwa ini, inilah yang sangat menyedihkan, dari gesekan kecil non akademik terjadi gesekan yang berimbas pada kegiatan akademik. Ini merugikan mahasiswa lain,”sebut Warek Bima, Sagaf, Rabu (30/11).

Untuk itu, pihak rektorat dan fakultas melakukan mediasi dan mempertemukan pimpinan kedua himpunan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dari mediasi itu, kedua pimpinan himpunan bersepakat untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan dan saling memaafkan, sebagai satu keluarga Untad.

Warek Bima meminta kepada semua pihak untuk berjiwa besar, tidak ada lagi konflik. Karena menurutnya, jiwa besar saling memaafkan itu dilahirkan dari sikap kepemimpinan Tadulako. Karena menurutnya, tidak ada manusia yang tidak memiliki kesalahan, serta harus menyadari bahwa konflik itu lebih besar mudaratnya dari pada kebaikannya.

“Untuk itu Ketua BEM Fakultas diminta harus bisa menjaga kestabilan di Fakultas Teknik dan lembaga kemahasiswaan. Kalau kita tidak sepakat, tentunya akan dibawah ke isu yang lain, kita diprovokasi kemudian mengakibatkan saling curiga, bermusuhan dan seterusnya,” tandas Dr. Sagaf.(MTG)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.