Home Parigi Mautong Program 1000 Sapi Jantan, Rizal: Parimo Rencana Buka Sekolah Peternakan Rakyat

Program 1000 Sapi Jantan, Rizal: Parimo Rencana Buka Sekolah Peternakan Rakyat

156
0
SHARE

Parimo, Alkhairaat.com- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang membidangi Sekolah Peternakan Rakyat Universitas Tadulako (Untad) Palu, Rizal Y Tantu mengatakan, Sekolah Peternakan Rakyat rencananya akan dibuka disetiap Kabupaten Kota se Sulawesi Tengah (Sulteng), bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Peternakan setempat.

Kata Rizal, program tersebut salahsatu istilah program 1000 sapi jantan, dan disetiap daerah ada menejer.

“Kami akan bekerjasama dengan Dinas Peternakan, dimana ada istilah program 1000 Sapi jantan dan ada satu menejernya. Kami usahakan disetiap Kabupaten ada sekolah peternakan,” ucapnya.

Lanjut Rizal, sekolah peternakan rakyat berfungsi untuk membina para peternak menjadi peternak yang baik dan bisa membuat usaha yang menjanjikan.

Apalagi kata Rizal, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong ambil bagian dalam menopang sektor pangan untuk pemindahan ibu kota negara baru di Penajam Kalimantan Timur (Kaltim).

“Tidak lama lagi pemindahan ibukota negara baru di Kaltim, tentunya Parigi Moutong akan menopang logistik pangam salahsatunya daging sapi,” tutur Rizal.

Rizal menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya dalam hal ini Untad melalui Fakultas Peternakan dan Perikanan akan bekerjasama dengan Pemda Parimo untuk membuka Sekolah Peternakan Rakyat.

Menurutnya, untuk Sulawesi Tengah (Sulteng) pihaknya telah membuka Sekolah tersebut di Kabupaten Sigi dan Donggala.

“Sekolah peternakan rakyat ini bukan berupa bentuk bangunan permanen, tetapi sekolah lapang, ada dilapangan terbuka. Untad akan menyiapkan tenaga ahli dan ilmu. Sedangkan Pemda menyiapkan Prasarananya,” ujar Rizal anak daerah asal Tinombo itu, Minggu (14/02/2021). (FRL)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.