Home Kesehatan Penilaian Kinerja Aksi Percepatan Penurunan Stunting Sulteng di Parimo Dimulai

Penilaian Kinerja Aksi Percepatan Penurunan Stunting Sulteng di Parimo Dimulai

267
0
SHARE

Parimo, Alkhairaat.com- Penilaian Kinerja Aksi Percepatan Penurunan Stunting tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dimulai.

Kegiatan berlangsung di Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong, Senin (13/06/2022).

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai saat membuka Kegiatan Penilaian Kinerja Aksi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sulteng mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) se Sulteng dan wabil khusus TPPS Kabupaten Parimo serta Bappelitbangda Kabupaten Parimo yang telah menggagas kegiatan tersebut.

Wabup katakan, kegiatan penilaian Stunting dilaksanakan guna untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak,” ucap Wabup.

Lanjut Wabup Badrun, pencegahan Stunting menjadi Prioritas Nasional yang juga harus menjadi prioritas dari setiap tingkat pemerintahan dalam penyusunan rencana dan anggaran pembangunan nasional.

Wabup juga menambahkan, penilaian kinerja penurunan stunting merupakan suatu proses atau Kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulteng untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting menggunakan instrumen penilaian berdasarkan Indikator dan periode waktu yang ditetapkan.

Adapun tujuan Penilaian Kinerja Aksi Penurunan Stunting kata Wabup Badrun, yaitu untuk mengukur tingkat kinerja Pemerintah Kabupaten dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting, untuk memastikan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting, dan untuk mengapresiasi Kinerja Pemerintah Kabupaten dalam Persiapan Penilaian Kinerja Aksi Penurunan Konvergensi Stunting.

Olehnya kata Wabup sangat diharapkan peran seluruh OPD tidak hanya satu atau dua OPD saja dalam penanganan Penurun Stunting tetapi seluruh OPD terlibat dalam penanganan Stunting.

Untuk target Lokus Stunting di Tahun 2023 harapannya agar target penurunan jelas, maka strategi dan upaya yang dilakukan harus dapat terealisasikan.

“Saya juga ingin menyampaikan bahwa Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan Program Penanganan Percepatan Penurunan Stunting sejak Tahun 2019 sampai dengan Tahun sekarang dan telah memperoleh Kategori Kabupaten paling Replikatif Tahun 2020 pada Aksi Percepatan Penurunan Stunting dan juga memperoleh Penghargaan kategori tampilan Pameran dan Desa Lokus Terbaik Tahun 2020 Serta Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong mendapat Penghargaan sebagai Kabupaten Paling Inovatif Tahun 2021 pada Aksi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten se- Sulawesi Tengah,” tutupnya.

Kegiatan Penilaian Kinerja Aksi Percepatan Penurunan Stunting ini juga di sertai dengan diadakannya Stand Pameran yang di laksanakan pada tanggal 13-14 Juni 2022 bertempat di Halaman Kantor Bappelitbangda Kabupaten Parimo. (FHL)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.