Home Sulawesi Tengah Pemprov Sulteng: Wujudkan Satu Data Indonesia

Pemprov Sulteng: Wujudkan Satu Data Indonesia

29
0
SHARE

Palu, Alkhairaat.com- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Pengembangan Kawasan Wilayah Ikhwan, membuka Focus Discussion Identifikasi Data Statistik Kebencanaan Provinsi Sulteng, di Ruang Polibu Gubernur, Senin (29/03/2021).

Kegiatan itu dihadiri Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Eka Chandra Buana, Kepala Statistik Provinsi Dumanggar Hutauruk, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Sulteng Farida.

Ikhwan mewakili gubernur, membacakan sambutan gubernur menyampaikan bahwa atas nama masyarakat Sulteng mengucapkan terima kasih kepada badan perencanaan pembangunan nasional, yang telah menyelenggarakan kegiatan focus group discussion identifikasi data statistik kebencanaan provinsi Sulteng.

“Kita ketahui bersama bahwa Indonesia sebagai negara dengan risiko bencana yang tinggi, khususnya daerah Sulteng yang kita cintai, oleh karena itu  penting untuk  melaksanakan pendataan statistik kebencanaan untuk keperluan perencanaan pembangunan. Serta dalam mewujudkan satu data Indonesia sesuai peraturan presiden nomor 39 tahun 2019,” katanya.

Ia mengatakan dengan lahirnya peraturan presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia yang berkaitan dengan penyelengaraan tata kelola data dan informasi statistik sektoral, membawa konsekuensi tuntunan peran yang lebih terhadap dinas kominfo, persandian dan statistik baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Karena fungsinya sebagai walidata yang bertanggung jawab terhadap kualitas statistik sektoral yang dihasilkan oleh organisasi perangkat daerah selaku produsen data statistik sektoral,” jelasnya.

Lanjutnya, namun harus diyakini bahwa perubahan ini akan menuju ke arah yang lebih baik, demi menghasilkan data statistik yang berkualitas dan terwujudnya sistem statistik di daerah yang lebih handal.

“Untuk mewujudkan itu, saya berharap kepada semua peserta agar berpartisipasi aktif mewujudkan satu data Indonesia mengenai data statistik kebencanaan, karena dengan adanya kolaborasi akan mendapatkan hasil maksimal dalam mitigasi bencana, olehnya kami meminta dukungan semua pihak termasuk bappenas supaya kita dapat bersama-sama mendorong pemulihan dampak bencana yang terjadi di Provinsi Sulteng. (***)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.