Home Tojo Una Una Kunjungi Warga Wakai, Hidayat: Una-Una Akan Dijadikan Pusat Penghasil Nilam di Sulteng

Kunjungi Warga Wakai, Hidayat: Una-Una Akan Dijadikan Pusat Penghasil Nilam di Sulteng

608
0
SHARE

Touna, Alkhairaat.com- Hidayat lamakarate lakukan kampanye di desa Wakai, Kecamatan Una-Una, kunjungan ini merupakan agenda lanjutan kampanye di Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Sabtu (17/10/2020).

Agenda kampanye tersebut dihadiri 30 orang, hal itu didasarkan pada peraturan KPU terkait pembatasan peserta kampanye akibat Covid-19.

Salah satu warga, Hasan yang hadir dalam sosialisasi program kerja calon gubernur Hidayat Lamakarate itu, menyampaikan persoalan pertanian di daerahnya. Sebab, hampir rata-rata masyarakat mulai menanam nilam tetapi terkendala dalam melakukan penyulingan. Lantaran bahan baku penyulingan sukar didapatkan.

“Semua warga di desa ini ba tanam nilam semua bahkan kalau malam itu sudah sepi orang turun mengail, gara-gara capek dari kebun ba urus nilam. Cuman pak bagaimana bahan baku penyulingannya itu dari kayu sedangkan sehari itu bisa habis 1 kubik. Nah kalau begini terus pak mau habis pohon kita tebang karena untuk menyuling nilam. Dibutuhkan 1 kubik kayu persatu penyulingan per hari, nah bagaimana kalau ada 100 penyulingan pasti akan sulit cari bahan bakar untuk proses penyulingannya jadi mohon bantuannya terkait hal itu pak,” ungkap Arfan.

Hari ini hampir rata-rata masyarakat di wilayah kecamatan Una-una telah beralih profesi dari nelayan ke sektor pertanian yakni petani nilam. Sebab, dianggap lebih menjanjikan dari pada menjadi nelayan.

Menanggapi hal itu, calon gubernur Hidayat menyampaikan jika seperti itu maka daerah kecamatan Una-una akan dijadikan sebagai pusat penghasil nilam di Sulteng.

“Untuk masalah bahan baku penyulingannya akan disediakan oleh pemerintah kabupaten dan provinsi sehingga warga tidak perlu menebang pohon di hutan. Coba pikir kalau 1 penyulingan dalam sehari habis 1 kubik jika ada 100 penyulingan maka dalam sehari bisa habis 100 kubik kayu dan kalau kita akan ambil di hutan maka akan gundul hutan kita,” jelas Hidayat. (MTG)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.