Home Parigi Mautong Diperintahkan Presiden, Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono Tinjau Lokasi Banjir Bandang di...

Diperintahkan Presiden, Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Torue

22
0
SHARE

Parimo, Alkhairaat.com– Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Menteri PUPR Dr (H.C) Ir H Mochamad Basoeki Hadimoeljono MSc Phd tinjau lokasi banjir bandang di Desa Torue Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah.

Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengatakan, bahwa ia pada saat sidang Kabinet diperintahkan langsung oleh Presiden meninjau lokasi banjir bandang di Torue.

“Saya diperintahkan langsung bapak Presiden untuk melihat penyebab dari banjir bandang ini. Kita lihat dasar sungai Torue ini sudah hampir rata dengan tanah di kiri dan kanannya. Sehingga kita harus bikin alur alurnya,” Ucapnya.

Kata menteri, seyogyanya nosetimentasinya cukup tinggi dan Kementerian PUPR akan membuat cekdam cekdam di hulunya. Ini kata ia untuk jangka pendeknya agar tidak terjadi lagi banjir bandang terutama di pantai di sungai Torue dibuat alur di Hilir.

“Ini bendungan Torue di bangun sejak tahun 80an mengairi sawah kurang lebih 2.200 hektare kiri dan kanan, saat ini berhenti karena airnya tidak masuk. Pertama kita buat alur di titik kanan dan titik kiri. Mudah mudahan minggu ini selesai, maksimal 3 hari harus masuk karena ini sawahnya sudah bunga kedua, jadi kalau tidak ada air akan susah nantinya. Harus cepat buat alur supaya sawah bisa diselamatkan (FHL)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.