Home Nasional Berita Duka, Habib Saleh Bin Muhammad Aljufri Meninggal Dunia

Berita Duka, Habib Saleh Bin Muhammad Aljufri Meninggal Dunia

815
0
SHARE

Jakarta, Alkhairaat.com – Anggota DPD RI Habib Saleh Bin Muhammad Aljufri meninggal dunia, Jumat (11/11/2022).

Kabar duka meninggalnya Habib Saleh Bin Muhammad Aljufri disampaikan melalui pesan berantai di grup WhatsApp.

“Innalilahi wa innailaihi rojiun, telah meninggal dunia Habib Saleh Bin Muhammad Aljufri di Jakarta (anggota DPD RI). Mohon dimaafkan segala kesalahannya dan semoga Almarhum dikumpulkan bersama Rasulullah dan Habib Idrus Guru Tua serta seluruh Mujahidin dan orang sholeh,” demikian isi pesan tersebut.

Habib Saleh adalah seorang politikus independen Indonesia yang saat ini sedang menjabat sebagai Senator Republik Indonesia atau anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Habib Saleh mulai menjabat sebagai anggota DPD RI setelah ia mencalonkan diri pada Pemilihan umum legislatif Indonesia 2009 daerah pemilihan Sulawesi Tengah.

Ia berhasil mendapat sebanyak 78,303 suara, berada di urutan keempat sebagai calon yang berhasil lolos sebagai Senator dari Sulawesi Tengah, di bawah tiga calon lain yang mendapatkan suara tertinggi.

Selain sebagai seorang Senator, Saleh merupakan Ketua Pengurus Besar Alkhairaat sejak tahun 1980.

Ia juga merupakan adik dari Habib Sayyid Saggaf bin Muhammad Aljufri, Ketua Utama Alkhairaat, dan Habib Sayyid Ali bin Muhammad Aljufri, Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairaat.

Ketiganya merupakan cucu dari Habib Idrus bin Salim Al-Jufri, pendiri Alkhairaat, dari anaknya yang bernama Sayyid Muhammad bin Idrus al-Jufri.

Habib Saleh lahir di Kota Palu pada tanggal 7 Februari 1967.

Ayahnya, Habib Sayyid Muhammad bin Idrus al-Jufri, merupakan Ketua Utama Alkhairaat periode 1969–1974 menggantikan kakeknya, Habib Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri, yang wafat pada tanggal 22 Desember 1969.

Sepeninggal ayahnya pada tahun 1974, jabatan Ketua Utama Alkhairaat kemudian digantikan oleh kakak laki-laki tertuanya, Habib Sayyid Saggaf bin Muhammad Aljufri.

Selain itu, kakak laki-laki yang lainnya, Habib Sayyid Ali bin Muhammad Aljufri, menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairaat.

Selain itu, Habib Ali juga merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Tengah sejak 2014 hingga sekarang.(MTG)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.