Home Sosbud 7 Kecamatan di Parimo Dapat Bantuan LPMDes dari Kementan RI

7 Kecamatan di Parimo Dapat Bantuan LPMDes dari Kementan RI

33
0
SHARE

Parimo, Alkhairaat.com- Sebanyak 7 (tujuh) Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan mendapatkan bantuan Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Bantuan Dana Alaokasi Khusus (DAK) LPMDes itu dikucurkan untuk tahun 2022 bagi Kecamatan Sausu, Kecamatan Balinggi, Kecamatan Torue, Kecamatan Parigi Selatan, Kecamatan Mepanga, Kecamatan Ongka Malino dan Kecamatan Bolano.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan pangan Kabupaten Parigi Moutong Rahmatia mengatakan, masing masing Kecamatan yang mendapatkan bantuan harus mengusulkan satu Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), karena kata ia salahsatu persyaratan penerima adalah wajib Gapoktan dengan pertimbangan Gapoktan adalah gabungan dari seluruh kelompok tani yang ada di desa sehingga bantuan LPMDes dapat di manfaatkan oleh seluruh kelompok tani.

“Bantuan LPMDes untuk masing masing Gapoktan senilai 1 Milyar dengan jenis bantuan berupa pembangunan lumbung pangan kapasitas 60 sampai 100 ton, lantai jemur, rumah RMU dan Bed Dryer, Rice Milling (RMU),” kata Tia sapaan akrabnya, Senin (07/06/2021).

Lanjut Rahmatia, tujuan atau sasaran utama program tersebut adalah pertama meningkatnya cadangan pangan Nasional. Kedua meningkatnya produksi pangan dikawasan sentra produksi pertanian.

Ketiga meningkatkan kesejahteraan petani. Keempat meningkatnya nilai tambah komoditas pertanian. Kelima tersedianya dukungan sarana dan prasarana dalam pengembangan kawasan sentra produksi pertanian.

Saat ini kata Rahmatia dalam proses penginputan melalui Aplikasi Krisna, setelah terinput Bappelitbangda membuat rekomendasi ke Bappeda Provinsi dan pihak Provinsi meneruskan ke pihak Bappenas.

“Persayaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut sudah kami penuhi semuanya, seperti persyaratan lokasi harus Cleen N Cleer yang disertakan surat pernyataan hibah, penyusunan RAB dan gambar, penyusunan RUKK, SK penetapan Gapoktan dan surat komitmen Kepala Daerah bersedia mengisi lumbung pangan Desa,” ujarnya. (FRL)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.